Ilustrasi Pipa PVC Limbah SDR-41

Pipa PVC Limbah SDR-41 merupakan produk perpipaan yang didesain mendukung jaringan saluran limbah cair, air kotor dan buangan terbuka tanpa tekanan. Karena umumnya saluran berjalan (mengalir) hanya dengan dorongan gaya gravitasi.

Di Indonesia jenis pipa ini biasanya memiliki warna dominan cokelat, dengan sistem penyambungan RRJ (Rubber Ring Joint). Penyesuaian dengan standar Nasional Indonesia (SNI) membuat jenpang produk 6 meter untuk setiap batangnya.

berbeda dengan produk pipa PVC konvensional, produk pipa PVC SDR-41 memiliki modifikasi karekter produk. Sehingga sangat efektif dan efisien pada saat digunakan untuk sistem jaringan air limbah dan buangan. Salah satunya dari segi tebal dinding pipa yang relatif lebih tipis. 

Baca : Mengenal Pipa uPVC, pipa PVC Modern


Apliksi Sistem


Produk Pipa PVC Limbah SDR-41 secara spesific didesain untuk saluran perpipaan bawah tanah dengan tujuan mengalirkan jaringan limbah cair pembuangan. Meski demikian tak jarang produk di pasang di bagian luar, terutama untuk sistem pembuangan air hujan dan sejenisnya.

Jaringan limbah terpadu dengan material bahan baku unplastized Polyvinyl Chloride yang dirancang untuk sistem pembuangan terbuka. dalam aplikasi penggunaannya, Pipa PVC Limbah SDR-41 dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan saluran air kotor dan buangan. Beberapa diantaranya :

Saluran buangan rumah tangga, bisnis, komersial, industri dan fasilitas umum. Penanganan limbah yang benar akan membuat lingkungan sekitar memiliki kualitas kesehatan sangat baik. Hal tersebut sebagai syarat kualtas hidup sehat pada masyarakat modern seperti sekarang.

Saluran pembuangan air Hujan. Air hujan yang turun sering menjadi permasalahan tersendiri, salah satunya tersimpan cukup lama di bagian tertentu bangunan. Untuk mengatasi permasalahan ini, saluran terpadu yang dapat mengalirkan limpahan air hujan adalah solusi yang tepat.

Drainase bangunan. Permasalahan krisis air bersih sudah bukan lagi hal baru pada masyarakat modern seperti sekarang. Untuk mengatasi krisis air bahkan di perkotaan, dibutuhkan saluran drainase dengan produk pipa yang sesuai. Sehingga debit air yang terbuang dapat tertampung sekaligus dimanfaatkan kembali dalam bentuk air bersih.

Saluran Effuent dari Septic Tank. Penggunaan produk pipa Sembarangan dapat mengakibatkan kebocoran, dan jika hal ini terjadi, maka risiko pencemaran akan sangat tinggi. Sehingga kualitas kesehatan menjadi sangat terganggu. Untuk itu, dibutuhkan produk pipa yang mampu menyalurkan Effuent menuju tempat penampungan yang diharapkan.

Lubang inspeksi atau inspection chamber. Aksesoris yang mendukung membuat proses inspeksi saluran jika terjadi kebuntuan bisa di monitor setiap saat. Hal ini diperlukan guna memelihara saluran tetap berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


Info Panjang, Diameter dan Tebal PVC Limbah SDR-41


TypeDiameter
Inch
Diameter
mm
Tebal
(mm)
Panjang
(m)
A3901.86
B3903.26
 B41103.26
 B616046
 B82004.96
 B102506.26
 B123157.76
 B164009.86
 B2050012.36
 B2463015.46

Kelebihan Pipa PVC Limbah SDR-41


Ilustrasi Kelebihan Pipa PVC Limbah SDR-41

Kualitas Internasionan dan Standar SNI. Beberapa produk pipa PVC Limbah SDR-41 ditawarkan beragam dengan Standar nasional Indonesia atau SNI. Selain itu, produk perpipaan dengan brand tertentu, seperti “Rucika Lite” didesain dan produksi berdasarkan kualitas internasional. Mengingat produk ini dulunya bernama “Wavin Lite”

Tidak mudah pecah. Berbeda dengan bahan PVC konvensional, material uPVC yang digunakan untuk pipa PVC limbah DSR-41 memiliki karakter sangat baik, dengan tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik. Sehingga hal ini membuat produk tidak mudah pecah.

Didukung beragam jenis aksesoris. Produk pipa Limbah SDR-41 umumnya didukung dengan beragam jenis aksesoris yang mendukung sistim jaringan saluran limbah terpadu. Selain warna yang senada (Umumnya cokelat), aksesoris juga didesain dengan nominal diameter dan sistem penyambungan yang mendukung.

Mudah dalam hal pemasangan. Pipa PVC Limbah SDR-41 memiliki sistem penyambungan Rubberring Joint. Sehingga proses ini dapat dilakukan tanpa menggunakan alat penyambung khusus dan media perekat seperti solvent cement (Lem PVC). Meski demikian beberapa produk pipa juga sering disambung dengan media ini (Lem).

Ringan. Bahan uPVC yang didesain efisien untuk saluran air limbah tanpa tekanan, membuat karakter produk lebih sederhana. Hal ini mengoptimalkan beban secara keseluruhan produk, atau singkatnya menjadi lebih ringan. Kelebihan ini membuat proses penyambungan dan mobilisasi pipa lebih mudah.

Tahan Lama. Material uPVC yang digunakan oleh produk pipa PVC Limbah SDR-41 umumnya memiliki tingkal elastisitas dan kekuatan sangat baik. Sehingga memiliki tingkat keretakan atau kerusakan sangat rendah.

Ini Artinya jika digunakan produk rata-rata memiliki usia penggunaan sangat lama. Bahkan dapat bertahan sebagai pendukung saluran limbah hingga lebih dari lima puluh tahun lamanya dengan biaya perawatan dan perbaikan sangat rendah.

Permukaan halus. Dengan permukaan halus, maka risiko terjadinya Pressure Losses sangat kecil. Hal ini terjadi karena saluran limbah yang terbuang akan berjalan lancar, sehingga faktor penyumbatan akan sangat kecil terjadi.

Tahan terhadap bahan kimia. Pipa PVC Limbah SDR-41 memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia tertentu. Sehingga selain dapat mengantar limbah ke tempat yang diharapkan, produk juga menjaga lingkungan tetap bersih.


Harga PIpa PVC Limbah SDR-41

Berikut harga produk pipa PVC limbah yang pertama kali memperkenalkan istilah SDR-41, “Rucika Lite) :

* Harga sudah termasuk PPN


Tabel Harga Pipa PVC SDR-41 Rucika Lite

ClassND
(mm)
OD
(Inch)
Harga
(m)
Harga
(batang)
A903"Rp42,240Rp253,440
B903"Rp76,010Rp456,060
B1104"Rp83,270Rp499,620
B1606"Rp161,260Rp967,560
B2008"Rp246,730Rp1,480,380
B25010"Rp392,260Rp2,353,560
B31512"Rp610,500Rp3,663,000
B40016"Rp988,790Rp5,932,740
B50020"Rp1,538,130Rp9,228,780
B63024"Rp2,538,140Rp15,228,840

Harga pipa PVC Limbah SDR-41 Rucika Lite Komplit, silahkan Klik Disini


Proses Penyambungan


Ilustrasi Penyambungan Pipa PVC Limbah SDR-41

Kebanyakan produk Pipa PVC Limbah SDR-41 di Indonesia telah disesuaikan dengan standard SNI, sehingga memiliki panjang 6 meter setiap batangnya. Selain itu, dalam hal penyambungan produk ini dipasang dengan metode jointing Rubbering Joint, atau RRJ.

Nah untuk melakukan proses penyambungan Pipa PVC Limbah SDR-41, Anda bisa melakukan beberapa tahap berikut :

  1. Bersihkan bagian ujung pipa yang hendak disambung, pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Setelah itu, buat chamfer atau sudut kurang lebih 15⁰, tujuannya mempermudah proses penyambungan (Saat dimasukkan ke aksesoris atau socket pipa).
  2. Setelah proses pembuatan chamfer, biasanya ada serpihan pipa yang masih menempel. Agar tidak menimbulkan masalah pada saat proses penyambungan, pastikan hal ini tidak ada dengan cara di lap.
  3. Ukur kedalaman bagian pipa. Anda bisa menandai dengan cara memasukkan aksesoris (tanpa seal karet).
  4. Setelah sudah melakukan dengan benar, pasang ring karet pada aksesoris pada tempatnya. Proses pemasangan bisa dilihat pada gambar.
  5. Untuk mempermudah proses penyambungan gunakan Lubricant sesuai dengan yang direkomendasikan. Karena bahan yang tepat akan membuat proses berjalan dengan lancar, dan sebaliknya material lubricant yang kurang tepat justru akan merusak bagian sambungan.
  6. Pasang, luruskan dan dorong hingga aksesoris masuk pada bagian pipa yang telah Anda tandai sebelumnya (point 3). Setelah dilakukan dengan benar, diamkan sambungan beberapa saat, sehingga bagian yang terolesi lubricant mengering, dan sambungan terpasang dengan sempurna.
error: Content is protected !!