Ilustrasi Jenis Pipa HDPE

Jenis pipa HDPE pada dasarnya dibedakan berdasarkan kebutuhannya, untuk saluran air bertekanan atau gas, perbedaan tersebut biasanya didasarkan atas dominasi warna. Pipa Hitam biasanya untuk saluran air bersih bertekanan, sementara pipa kuning untuk saluran gas.

Didasarkan pada material bahan baku, kedua jenis pipa ini dibuat dari material thermoplastic yang didapat dari olahan minyak bumi. Jenis turunan pengolahan bahan plastic ini dari jenis High Density Polyethylene, oleh karena itu biasa dikenal dengan pipa HDPE.

HDPE atau Polietilena berdensitas tinggi juga biasa dikenal dengan nama PE-100. Oleh karena itu produk ini juga dikenal dengan nama Pipa PE-100. Merupakan material thermoplastic dengan karakter unik, dengan tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik, namun memiliki tingkat keretakan rendah.


Sumber : PipaPlastik.com


Pipa HDPE Air Bersih

Pipa HDPE untuk saluran air bersih pada umumnya memiliki warna dominan hitam. Garis biru di bagian utama pipa pada dasarnya mengindikasikan direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan sesuai standard internasional.

Produk pipa HDPE untuk saluran air bersih biasanya diproduksi dengan diameter beragam, mulai dari ukuran ½ inch atau 20mm, hingga ukuran lebih dari 24 inch, atau 600 mm. Selain tersedia dalam varian PN, produk juga tersedia dalam varian tekanan, atau pressure nominal (PN).

PN merupakan indikasi pipa tahan terhadap tekanan tertentu. Ketersediaan PN pada jenis pipa HDPE untuk saluran air bersih biasanya bervariatif, mulai dari PN-6,3, PN-8, PN-10, PN-12,5 dan PN-16 untuk tekanan lebih besar.

Nominal PN biasanya berkaitan dengan tebal dinding produk pipa. Semakin besar PN, maka semakin tebal dinding pipa, sehingga mampu menahan tekanan lebih besar. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil PN maka semakin tipis dinding pipa.


Harga Pipa HDPE


Untuk saluran air bersih, produk pipa HDPE direkomendasikan karena sifatnya yang istimewa. Dengan tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik, namun tingkat keretakan sangat rendah. Kelebihan ini membuat material pipa HDPE tidak mudah rusak dan mencemari aliran air.

Jenis Pipa HDPE untuk saluran air bersih tersedia dalam bentuk batang dengan Panjang 6 meter. Karena tingkat kelenturan sangat tinggi, produk juga tersedia dalam bentuk roll dengan Panjang lebih dari 100 meter.


Baca Juga : Mengenal Pipa HDPE


Jenis pipa HDPE juga diproduksi dalam beragam warna, produk ini biasanya digunakan untuk kebutuhan lain, di luar saluran air dan gas. Yakni untuk pembungkus atau pelindung kabel agar tidak mudah rusak karena benturan dan gigitan hewan pengerat.

Ilustrasi pipa HDPE selongsong kabel
Ilustrasi pipa HDPE untuk Selongsong Kabel

Pipa Gas Bertekanan

Seperti dijelaskan di atas, produk pipa HDPE untuk kebutuhan saluran Gas umumnya memiliki dominasi warna kuning. Pemberian warna ini sesuai dengan standard of procedure yang digunakan pada proyek pipanisasi Internasional.

Penggunaan dominasi warna pada produk pipa mempermudah proses instalasi. Diamana warna tertentu biasanya digunakan untuk kebutuhan saluran air, limbah, fluida lain dan sejenisnya, begitu juga saluran gas bertekanan.

Berbeda dengan produk pipa HDPE untuk saluran air bersih, produk pipa Gas juga menggunakan jenis pipa PE-80. Material ini merupakan jenis polietilena berdensitas menengah, atau biasa dikenal dengan Medium Density Polyethylene atau MDPE.

Perbedaan lain dari produk pipa HDPE atau MDPE gas adalah model penyambungan. Kebutuhan saluran gas yang mementingkan keamanan tinggi, membuat proses jointing membutuhkan proses yang lebih aman, guna menghindari kebocoran dan kerusakan pipa yang dapat berdampak sangat berbahaya.

Proses atau model penyambungan pipa gas biasa dikenal dengan nama electro fusion. Model penyambungan ini membutuhkan alat dan aksesoris khusus, sama sekali berbeda dengan alat dan aksesoris yang digunakan untuk saluran air bersih bertekanan.

Mesin atau alat electro fusion tidak dilengkapi dengan mesin pemanas, seperti halnya welding machine. Alat ini hanya berfungsi mengalirkan aliran listrik negatif dan positif, yang pada akhirnya sangat dibutuhkan untuk proses welding pada aksesoris electro fusion.

Aksesoris atau fitting electro fusion, memiliki bagian kumparan tembaga yang ada di bagian dalam aksesoris. Kumparan tembaga yang dialiri aliran listrik akan dikonversi menjadi panas, yang pada akhirnya melelehkan bagian dalam aksesoris.

Bagian aksesoris yang meleleh, pada akhirnya akan merekat dengan sempurna dengan pipa (Bersenyawa dengan sempurna). Sehingga proses penyambungan terjadi dengan tepat, efektif dan efisien.

Produk pipa PE untuk gas umumnya hanya tersedia terbatas, untuk PN-10 dan PN-12,5. Sementara propduk pipa HDPE untuk saluran air bersih tersedia mulai dari ukuran PN terkecil 6,3, 8, 10, 12,5 dan terbesar 16.

Ilustrasi Pipa Gas
Ilustrasi Saluran Gas (Sumber : Tempo)
error: Content is protected !!