Ilustrasi Page Pipa PVC Limbah

Pipa PVC Limbah adalah produk perpipaan dari material Polyvinyl Chloride yang didesain untuk sistem saluran pembuangan tertutup. Tujuannya menghindari proses pembuangan limbah secara terbuka yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

Dalam aktivitas setiap hari, aktivitas manusia tak bisa terlepas dari proses pembuangan limbah. Proses ini terjadi terutama pada beberapa jenis aktivitas sanitasi, seperti mencuci, mandi, buang air dan sebagainya.

Tak hanya proses pembuangan limbah dalam skala kecil rumah tangga, dalam lingkup lebih besar, proses pembuangan limbah juga kerap dilakukan. Seperti aktivitas komersial, bisnis, fasilitas umum dan industri.

Berbeda dengan limbah organik, proses pembuangan limbah anorganik dari aktivitas komersial, bisnis atau industri membuat proses pembuangan limbah sebaiknya dilakukan lebih komplek. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar sampah bekas produksi terbuang pada tempatnya.

Material yang tak mudah terurai membuat pengolahan limbah untuk kebutuhan bisnis komersial atau industri dilakukan melalui sistem pengolahan. Hal ini bertujuan agar sisa kotoran tidak menjadi penyebab rusaknya ekosistem lingkungan.



Kelebihan Spesialis Pipa Limbah

Jangan salah pilih, setiap produk perpipaan memiliki karakternya sendiri. Dan hal tersebut akan efektif dan efisien jika digunakan untuk kebutuhan yang tepat. Oleh karena itu,berikut beberapa keuntungan jika Anda menggunakan pipa PVC Limbah untuk saluran pembuangan :

Penggunaan bahan uPVC. uPVC aatau Unplasticized Polyvinyl Chloride adalah material thermoplastik pengembangan dari bahan PVC Konvensional. uPVC mampu meningkatkan kemampuan material PVC biasa 5 kali lebih baik.

Hasilnya, produk dengan material bahan baku ini memiliki tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik. Sehingga memiliki tingkat keretakan sangat rendah, membuat produk tidak mudah rusak karena usia dan lingkungan sekitar.

Harga lebih efisien. Pada dasarnya, saluran limbah membutuhkan spesifikasi pipa yang tidak terlalu besar. Karena proses ini umumnya berjalan tanpa tekanan besar (Seperti yang dilakukan pompa air dan sebagainya).

Praktis, mudah di bawa dan disambung. Spesifikasi sederhana yang dibutuhkan membuat dinding pipa produk pipa PVC limbah umumnya tidak terlalu tebal. Hal tersebut membuat pipa mudah diangkat, dan dipasang, tanpa menggunakan alat berat (Karena bobot yang ringan)

Selain itu, Jenis Pipa Limbah disambung dengan proses mudah. Yakni secara RRJ atau Rubber Ring Joint, dengan gelang karet Khussu. Dan sistem penyambungan secara solvent cement atau menggunakan bahan khusus, biasa disebut lem PVC.

Warna khusus, mudah dimonitor. Produk pipa Limbah umumnya didesain dengan dominasi warna khusus. Yakni cokelat, atau orange, hal ini mempermudah dalam proses pengenalan jalur air pada saat telah terpasang.

Sesuai Standard SNI. Produk pipa untuk saluran limbah di Indonesia, umumnya telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Sehingga selain dapat digunakan untuk proyek swasta, juga dapat digunakan pada banyak proyek pemerintah.


Produk Pipa Limbah di Indonesia

Di Indonesia, produk pipa PVC untuk saluran limbah tersedia dalam beberapa varian brand yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan proses budgeting. Berikut beberapa brand perpipaan yang menyediakan produk khusus untuk saluran air kotor dan limbah buangan.


Rucika Lite / Wavin Lite

Merupakan produk perpipaan yang dulunya dikenal dengan brand Wavin Lite. Rucika Lite didesain dengan spesifikasi efisen sebagai pendukung saluran air limbah buangan tertutup sesuai standar internasional, dengan ukuran SNI.

Rucika Lite memiliki dua Varian, hanya saja untuk kelas A hanya tersedia untuk diameter 3 inch. Sementara varian SDR-41 atau kelas B tersedia dari ukuran 3 inch hingga 24 inch yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pipa PVC Limbah Rucika Lite disambung dengan proses Rubber Ring Joint, atau kuncian menggunakan gelang karet pipa khsusus. Cara ini lebih efisien karena bisa dilakukan tanpa mekanisme alat penyambung khusus atau lem, atau material solvent cement.


Pipa PVC Limbah Vinilon

Produk pipa Vinilon tersedia untuk beragam kebutuhan saluran air. Mulai dari saluran air bersih yang bisa menggunakan jenis pipa HDPE atau uPVC (PVC), serta untuk saluran khusus air limbah yang memiliki dominasi warna cokelat.

Lebih komplek, Vinilon menawarkan dua tipe kelas yang dapat disesuaikan dengan proses budgeting dalam instalasi saluran air kotor dan limbah buangan. Yakni tipe kelas A untuk tebal dinding pipa lebih tipis, serta tipe B untuk dinding pipa lebih tebal.

Produk tipe A biasa dikenal dengan istilah SDR-51, sementara produk tipe B biasa dikenal dengan tipe pipa PVC Limbah SDR-41. Produk Pipa Vinilon jenis ini sesuai dengan standar SNI dengan panjang optimal 6 meter dengan dua varian penyambungan, Solvent Cement dan Rubbering Joint.


Pipa Limbah Langgeng

Produk pipa Langgeng menyediakan beragam pilihan pipa untuk beragam kebutuhan. Seperti pipa PVC JIS, Pipa PVC SNI dan pipa HDPE. Selain itu, sebagai untuk menjawab kebutuhan saluran air kotor, juga tersedia produk pipa PVC Limbah.

Produk limbah pipa Langgeng tersedia dalam dua varian model penyambungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Yakni solvent cement atau lem PVC dengan rubbering joint yang dapat disambung tanpa alat dan material perekat khusus.

Produk Pipa Langgeng memiliki warna dominan cokelat, sehingga mempermudah proses monitoring pipa pada saat terpasang. Selain itu, produk juga telah sesuai dengan Standard Nasional Indonesia, sehingga ideal untuk proyek swasta hingga pemerintah.


Trilliun Shield

Dibanding 3 produk di atas, bisa jadi Brand Trilliun yang lebih spesial dalam menawarkan produk plumbing dari material uPVC spesial. Brand ini tidak lagi menggunakan bahan PVC konvensional, sehingga setiap produk memiliki kualitas kuat, lentur dan memiliki tingkat keretakan rendah.

Produk pipa limbah Trilliun Shield hadir menjawab kebutuhan saluran air limbah tertutup yang ramah lingkungan. Dengan mekanisme penyambungan dua varian, yakni dengan lem PVC atau  Solvent Cement dan Rubbering Joint (RRJ).

Pipa PVC limbah Trilliun Shiel tersedia dari ukuran diameter 3” hingga 12 inch. Untuk standard yang digunakan adalah S-20 atau equal SDR-41, sehingga sepenuhnya diproduksi khusus dalam mendukung saluran air limbah.

error: Content is protected !!