Ilustrasi Kelebihan Pipa HDPE Post

Kelebihan Pipa HDPE diantaranya memiliki karakter kuat, lentur dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga ideal untuk saluran air bersih bertekanan. Berikut beberapa kelebihan lain dari produk pipa dari material High Density Polyethylene ini.


Baca Juga :


Berstandard Food Grade. Untuk memiliki standard ini material harus lulus beberapa uji test. Paling penting adalah bahan material tidak mudah rusak dan mencemari lingkungan sekitar. Dalam hal kebutuhan saluran air, kelebihan pipa HDPE ini membuat aliran fluida (air bersih) bebas polutan, terutama pecahan material pipa. Tak hanya itu, prosedur penyambungan pipa tanpa bahan perekat seperti solvent cement dan sejenisnya (kimia) juga membuat bagian sambungan bebas polusi.

Varian Panjang Produk. Pipa HDPE memiliki dua varian produk, diantaranya dalam bentuk roll dan batang. Dalam bentuk roll panjang pipa bisa diatas 50 meter, dan 100 meter dalam kebanyakan produk pipa roll HDPE. Sementara untuk pipa dalam bentuk batang, panjang pipa 6 meter per batang atau lebih (sesuai dengan kebutuhan).

Varian Metode Penyambungan. Kelebihan pipa HDPE adalah pada proses penyambungan. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dengan metode mechanical joint, cara ini bisa dilakukan tanpa menggunakan bahan perekat, hanya dengan menggunakan Aksesoris Pipa HDPE khusus, dan biasa dikenal dengan nama Fitting Mechanical Joint HDPE. Cara ini biasa direkomendasikan untuk produk pipa HDPE dalam bentuk roll, atau diameter 4 inch ke bawah.

Metode lain adalah dengan sistem welded atau pelelehan dengan suhu tinggi, proses ini biasa dikenal dengan istilah Butt Fusion. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan Welding Machine pipa HDPE dan aksesoris yang mendukung. Dan cara terakhir adalah dengan Electro Fusion. Cara ini biasa dilakukan dengan mesin dan aksesoris HDPE electro fusion.


Ringan. Meski kelebihan pipa HDPE adalah kuat dan tangguh terhadap tekanan, namun produk yang satu ini memiliki kelebihan sangat ringan. Hal ini membuat pipa mudah dalam hal mobilisasi dan proses penyambungan, terutama di daerah dengan kontur sulit seperti di perbukitan dan sebagainya. Karena proses ini dilakukan hanya dengan bantuan tenaga manusia, tanpa harus menggunakan alat berat (kecuali untuk pipa HDPE ukuran besar atau diatas 14 inch).

Usia Penggunaan Lebih dari 50 Tahun. Material HDPE atau High Density Polyethylene merupakan jenis thermoplastik dengan karakter lentur dan kuat, dengan titik keretakan sangat rendah. Sehingga dalam penerapannya, pipa HDPE dapat digunakan untuk saluran air lebih dari 50 tahun, tanpa kerusakan.

Kelebihan Pipa HDPE Untuk Saluran Air Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!