Ilustrasi Post - Memilih Produk Pipa Untuk Kebutuhan Saluran air di Rumah

Dibutuhkan kejelian dalam memilih produk pipa yang tepat untuk pekerjaan membangun jaringan saluran air di rumah. Karena jika tidak, akan banyak dampak buruk yang bisa Anda hadapi, salah satunya usia saluran air yang tidak bertahan dalam jangka waktu lama.

Pada dasarnya, pekerjaan membangun saluran air di rumah memiliki kebutuhan beragam. Tergantung seberapa besar bangungan dan fasilitas yang ada di dalamnya. Hanya saja, secara umum dibutuhkan saluran air bersih dan limbah pembuangan dalam setiap rumah.

Nah untuk mengoptimalkan proses instalasi saluran air di rumah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam proses belanja material bahan baku, produk pipa untuk saluran air.



Memilih Produk Pipa Sesuai Saluran air yang dibutuhkan

Pada dasarnya setiap saluran air memiliki spesifikasi dan kebutuhan masing-masing. Dan hal ini membuat kita harus jeli dalam memilih produk pipa yang tepat, sesuai dengan kebutuhan membangun jaringan saluran air.

Misalnya untuk saluran air panas bersih, dibutuhkan pipa yang tahan terhadap suhu tinggi, tahan terhadap tekanan dan yang pasti higienis. Spesifikasi ini biasanya didapat dari produk pipa PPR, atau produk pipa dari metal.

Sementara saluran air kotor buangan, umumnya memiliki spesifikasi lebih sederhana. Sehingga cukup menggunakan produ pipa uPVC standard. Proses ini lebih tepat dan efisien, dibanding Anda menggunakan produk dengan harga lebih mahal.


Ukur Secara Detil Jalur Pipa

Proses pengukuran biasanya dilakukan sejak awal atau proses desain saluran air, baik air bersih, kotor atau air panas yang dibutuhkan di Rumah. Proses ini akan membantu Anda memastikan jenis pipa, diameter dan aksesoris pendukung apa yang akan dibutuhkan.

Proses perhitungan yang tepat juga akan membuat proses pembelanjaan berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada kelebihan atau kekurangan material pada saat proses pengerjaan atau instalasi saluran air nantinya.

Dampak buruk dari kelebihan material adalah over-budgeting, atau biaya pengeluaran membengkak. Selain itu, kesalahan dari penghitungan yang kurang tepat adalah proses pembelanjaan yang dilakukan pada saat proses instalasi, sehingga memperlambat proses pengerjaan.


Pelajari Produk Peripaan yang akan digunakan

Salah satu cara menghindari kesalahan dalam memilih produk pipa adalah dengan cara mencari tahu atau mempelajarinya secara singkat. Proses ini bisa Anda lakukan dengan bertanya langsung ke toko, distributor pipa, atau mencari informasi di internet.

Setiap produk pipa memiliki spesifikasi masing-masing, begitu juga kelebihan dan kekurangannya. Sehingga dengan banyaknya literasi, akan mempermudah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan saluran yang akan dibangun.

Selain itu, cara ini juga membantu Anda dalam proses instalasi. Karena setiap pipa umumnya memiliki proses penyambungan berbeda satu dengan yang lain. Pipa HDPE dan PVC misalnya, kedua produk yang sama-sama jenis thermoplastic tersebut memiliki mekanisme penyambungan berbeda. (Sumber : KOMPASIANA/RAGAMPIPA)

Memilih Produk Pipa Untuk Kebutuhan Saluran air di Rumah
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!