Ilustrasi Spool Pipe HDPE, Mengenal Istilah dan Fungsinya

Spool Pipe HDPE atau Pipa HDPE All Flange, merupakan varian produk yang didesain untuk sistem penyambungan saluran air bersih Semi permanen. Untuk mewujudkan produk ini, selain pipa dibutuhkan juga aksesoris jenis Flange dan Stub End.

Baca Juga :

Tak hanya difungsikan untuk saluran air permanen, pipa HDPE juga dapat disambung secara semi permanen. Ini artinya, saluran pipa dapat dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Instalasi jenis ini biasanya digunakan untuk saluran air di pertambangan dan sejenisnya.

Spool Pipe HDPE atau biasa dikenal dengan istilah Pipa HDPE All Flange merupakan rangkaian produk pipa yang didesain dengan sambungan stub end dan flange. Kedua aksesoris ini memegang peraranan penting dalam sistem sambungan semi permanen.

Umumnya panjang produk menyesuaikan panjang pipa, atau 6 meter per batang. Saat digunakan, prosedur pemasangan dapat dilakukan dengan sistem pengencangan menggunakan bolt and Nut (mur dan baut) yang terpasang dalam flange.

Penambahan aksesoris rubber gasket diantara pertemuan flange akan membuat proses penyambungan lebih efektif. Dengan tujuan mencegah risiko kebocoran diantara sambungan seperti yang tidak diharapkan.

Proses pemasangan aksesoris Spool Pipe HDPE atau Pipa HDPE All Flange umumnya membutuhkan aksesoris jenis injection moulding (Stub End). Aksesoris ini memiliki material bahan baku sama dengan pipa HDPE, sehingga dapat disambung dengan sistem persenyawaan sempurna.

Selain Stub End, aksesoris flange atau backing ring juga dibutuhkan dalam hal ini. Jenis aksesoris ini biasanya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan standard flange yang digunakan (terutama saat disambung dengan aksesoris valve).

Kesalahan menggunakan flange akan berpengaruh pada aksesoris yang tidak dapat terpasang karena letak atau jumlah lubang baut yang tidak  sama. Tak hanya spool Pipe HDPE, jenis metode penyambungan ini juga dapat dikombinasikan dengan aksesoris tertentu. Misalnya tee All Flange, atau Elbow HDPE All Flange.

Meski dapat dipasang dengan cara yang sama, dalam bentuk roll biasanya tidak disarankan menggunakan cara yang sama. Atau bisa dilakukan jika Anda hendak menyambung pipa dengan aksesoris flange joint.

Permasalahan efektifitas kemasan setelah tidak digunakan (karena pipa akan lebih sulit di gulung kembali) menjadi alasan hal ini tidak disarankan. Dan sebaiknya hanya dilakukan untuk produk pipa HDPE jenis batang.

Informasi lebih lanjut seputar pipa HDPE all Flange atau spool Pipe HDPE, bisa Anda sampaikan dengan menghubungi kami di nomer 08113167772

Spool Pipe HDPE, Mengenal Istilah dan Fungsinya
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.