Ilustrasi Antisipasi Musim Hujan Sedia Air Panas di Rumah

Antisipasi Musim Hujan : Tak hanya sampah yang menumpuk karena banjir, musim penghujan kerap menyisakan segudang permasalahan kesehatan, terutama saat Anda pulang kehujanan. Nah, sebelum permasalahan tersebut menjadi serius, antisipasi dengan saluran air panas di rumah.

Baca Juga : 

Batuk, hidung mampet, pilek atau demam adalah beragam permasalahan di awal musim penghujan. Beberapa orang dengan kebiasaan makan dan hidup sehat akan dengan mudah menghindari. Tapi bagi mereka yang kurang mengadopsi pola hidup sehat, kerja larut dan sering kehujanan, permasalahan tersebut kerap tak bisa dihindari.

Selain mempersiapkan dengan makanan dan gaya hidup sehat, rupanya ada beberapa solusi yang bisa kita antisipasi dari ancaman permasalahan kesehatan di musim hujan. Cuaca yang kerap menjadi dingin bisa diantisipasi dengan mandi sehat dengan air hangat.

Pentingnya menyediakan air hangat melalui saluran air panas di rumah rupanya memiliki banyak keuntungan. Terutama bagi Anda yang membutuhkan aktivitas relaksasi di rumah setelah seharian bekerja (Terlebih setelah kehujanan di jalan).

Dikutip dari Kompas, banyak manfaat (kesehatan) yang bisa kita rasakan secara langsung pada saat memiliki saluran air panas pribadi di rumah. Berikut beberapa hal atau manfaat yang bisa Anda dapatkan :

Kurangi Risiko Pilek

Kedinginan dan kehujanan jika tidak diansipasi dengan benar akan meningkatkan risiko munculnya permasalahan kesehatan, seperti flu, dan beberapa penyakit sejenisnya. Mandi dengan air panas akan memberi kita uap alami dari air yang mengucur.

Dalam hal manfaat, uap yang muncul dapat membantu melonggarkan saluran pernafasan (karena flu), melonggarkan dahak dan membantu membuka pori-pori kulit sehingga membuang kotoran dan kuman hingga virus yang menempel.

Relaksasi

Penat dan pusing kepala akibat stres pulang kehujanan bisa muncul karena stress. Rasa lelah dan pegal juga kerap muncul pada saat hal ini terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memulai dengan mandi air panas (hangat).

Memperlambat proses penuaan dini

Stress dan sejenisnya kerap membuat orang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Hal tersebut diperparah dengan peredaran darah yang kurang lancar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut mandi air hangat terbukti memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar juga menjauhkan kita dari masalah penyakit jantung dan sejenisnya.

Perlu dicatat :  Ttak hanya memberi manfaat, mandi air panas atau air hangat juga memiliki sejumlah kelemahan. Diantaranya dapat membuat rambut dan kulit menjadi kering. Untuk itu ada baiknya jika aktivitas ini dilakukan secukupnya dan tidak dalam waktu terlalu lama.

Antisipasi Musim Hujan, Sedia Air Panas di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.