Ilustrasi Pipa Air Panas PPR

Pipa Air Panas, seperti namanya produk perpipaan ini dibutuhkan untuk membangun saluran fluida bersuhu tinggi bahkan dengan tekanan. Tak hanya untuk kebutuhan saluran air bersih, biasanya karakter ini digunakan untuk saluran air kotor buangan.

Dalam kebutuhannya saluran fluida bersuhu tinggi kerap digunakan untuk kebutuhan saluran air bersih (Sanitasi) dan buangan. Persamaan keduanya adalalah produk pipa harus tahan dialiri cairan bersuhu tinggi dari tempat awal hingga akhir sesuai harapan.

Meski memiliki kebutuhan sama, namun pada dasarnya memilih produk pipa yang tepat tidak bisa hanya dengan menggunakan satu jenis pipa (saja). Karena kedua kebutuhan tersebut memiliki spesifikasi tertentu yang harus terpenuhi.

Baca : Harga Pipa PPR


Saluran Buangan

Ilustrasi Pipa Air Panas Sitech
Ilustrasi Pipa Air Panas Sitech

Tak hanya memilih produk dengan karakter tahan panas, kebutuhan ini membutuhkan produk pipa minim hambatan. Sehingga fluida bersuhu tinggi yang bercampur dengan kotoran mampu mengalir dengan lancar menuju tempat pembuangan.

Ini artinya, sedikit saja celah yang terjadi pada saluran pipa dapat berpotensi meningkatkan risiko penumpukan (kotoran). Jika dibiarkan dalam kurun waktu tertentu bagian ini akan berkembang menjadi besar dan membuat saluran menjadi terhambat.

Sudah banyak kejadian dimana pipa buangan mampet karena kerak dari kotoran yang menumpuk. Dampaknya, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan, jika kerusakan terbilang parah, maka saluran pipa harus diganti dengan yang baru.

Hal tersebut menjadi saluran pipa air panas buangan tak bisa berumur lama, sesuai dengan harapan. Untuk itu, perlu persiapan dan produk khusus untuk memenuhi kebutuhan saluran air buangan tak biasa ini.

Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam hal ini adalah memilih produk pipa dengan kemampuan tahan terhadap suhu tinggi. Sementara Pipa PPR tidak bisa digunakan karena bagian dalam sambungan yang bersekat. Solusi paling sering digunakan adalah dengan menggunakan produk pipa besi.

Sayangnya banyak kelemahan pipa besi untuk kebutuhan ini. Selain berat, instalasi pipa besi juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk itu pemilihan produk pipa thermoplastik adalah solusi tepat dalam hal ini.

Jenis pipa PVC bisa digunakan, karena alasan bagian dalam yang halus dan minim sekat (Dengan sistem penyambungan solvent cement atau RRJ). Hanya saja, penggunaan produk ini dengan catatan fluida yang dialirkan tidak beruhu diatas 50 derajat celcius.

Solusinya adalah dengan pipa thermoplastik khsusu untuk saluran pipa panas buangan. Tak banyak brand yang menawarkan jenis produk dengan spesifikasi khusus ini. Rucika salah satu brand yang menyediakan produk dengan nama Wavin Si-Tech atau Wavin Astolan.

Kedua produk dari Rucika ini merupakan pengembangan dari brand Wavin, dengan kemampuan istimewa. Selain tahan terhadap suhu tinggi, produk ini juga memiliki karakter dalam pipa halus dan licin. Kelebihan lain adalah bebas berisik.

Kemampuan anti berisik memberi manfaat maksimal saluran pipa air panas buangan. Dimana saluran ini sering mengeluarkan bunyi sangat keras, sehingga mengurangi kenyamanan kita saat berada di dalam bangunan atau rumah.


Saluran Bersih

Dibanding untuk saluran air buangan, kebutuhan saluran pipa air panas untuk saluran air bersih lebih dibutuhkan. Kebutuhan ini biasanya digunakan untuk saluran air bersih kebutuhan sanitasi dan mengantar makanan cair dan sebagainya.

Selain produk pipa besi, kebutuhan ini biasa dipenuhi dengan jenis pipa thermoplastik dari bahan material PPR. Pipa PPR adalah produk perpipaan yang terbuat dari material istimewa tahan terhadap suhu tinggi Polypropilene random tipe 3.

Selain tahan terhadap suhu tinggi bahan ini juga memiliki tingkat keretakan rendah. Sehingga potensi bahan terpecah dan mencemari saluran air. Sehingga penggunaan pipa jenis ini untuk saluran pipa air panas bersih bertekanan berstandard Food Grade.

Ini artinya selain untuk kebutuhan saluran sanitasi, pipa PPR juga dapat digunakan untuk saluran penghantar makanan cair, fasilitas yang biasa kita jumpai di rumah sakit dan beberapa fasilitas kesehatan sejenisnya.

Tingkat kekuatan dan kelenturan sangat tinggi membuat saluran air panas dengan pipa PPR awet dengan biaya perawatan sangat rendah. Sehingga dalam usia penggunaan, pipa ini bisa mencapai lebih dari 50 tahun.

Kelebihan lain adalah bobot yang ringan, sehingga mempermudah proses instalasi serta mobilisasi produk. Pipa PPR tersedia mulai diameter ½ inch hingga 6 inch. Dengan beberapa varian tekanan (PN / Pressure Nominal). Mulai dari yang terkecil 10, 16, 20 dan beberapa brand menawarkan hingga 20.

Baca : Mengenal Produk Pipa PPR


Manfaat Punya Pipa Air Panas Sendiri di Rumah

Ilustrasi mandi air hangat

Pentingnya membuat saluran Pipa air panas terintegrasi tak hanya dibutuhkan untuk hotel, gedung, fasilitas umum dan restoran. Namun hal yang sama sangat dibutuhkan juga untuk kebutuhan bersekala kecil, seperti rumah tangga.

Dalam sebuah penelitian kesehatan mengungkap, melakukan aktivitas sanitasi (mandi) membersihkan diri, lebih efektif jika dilakukan dengan air hangat dan air dingin. Ini dikarenakan keduanya memberi manfaat kesehatan positif yang dapat kita rasakan dampaknya setiap hari.

Dalam beragam penelitian mengungkap, mandi dengan air hangat mampu mengatasi masalah ketegangan otot akibat aktivitas setiap hari. Terlebih jika hal ini dilakukan dengan bantuan shower, semprotan alat ini seakan memberi kenyamanan pijit refleksi. Saat digunakan, aktivitas ini tak ubahnya pijit yang dapat membuat rileks bagian punggung, pundak dan leher.

Cara yang sama dalam sebuah penelitian juga dapat meningkatkan oksitosin, serta meredakan permasalahan kecemasan. Jangan heran, stres karena aktivitas setiap hari mudah hilang dengan mandi air hangat.

Di musim panca roba, mandi dengan air hangat mampu membantu Anda melawan flu. Uap air panas secara alami menjadi bahan dekongestan yang dapat melembabkan saluran pernafasan. Sehingga Anda lebih leluasa bernafatm terutama pada saat hidung mampet karena flu.

Hal yang sama juga terjadi pada saat Anda mengalami serangan demam. Air hangat akan memberi Anda kenyamanan dari rasa dingin yang terasa berlebih. Cara ini juga dapat membantu suhu tubuh kembali normal.

Tak hanya air hangat mandi air dingin rupanya juga memberi manfaat pada saat digunakan pada waktu yang tepat. Lakukan mandi pagi dengan air dingin, sensasi dingin selama beberapa menit akan memberi Anda “shock” dan hal ini menimbulkan rasa segar setelah mandi.

Rasa kantuk akibat bangun tidur juga senantiasa hilang dari mandi pagi dengan air dingin. Hal ini juga menuntaskan rasa pegal-pegal yang tersisa dari istirahat tidur malam Anda setiap hari. Sehingga Anda lebih siap beraktivitas.

Dalam sebuah penelitian mengungkap, mandi dengan air pegunungan dengan suhu 20 derajat celcius dapat membantu permasalahan depresi. Cara ini dapat membantu aktiitas masyarakat modern yang rentan karena masalah mental ini akibat rutinitas padat setiap hari.

Air dingin untuk aktivitas mandi juga dapat memberi pengaruh positif bagi kesehatan kulit dan rambut. Air hangat pada dasarnya dapat membuat rambut dan kulit menjadi kering, sementara air dingin dapat melembabkan kulita dan rambut kita. Sehingga rambut terhindar dari masalah kekeringan dan pecah-pecah. Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!