Membangun Saluran Air Bersih di Tempat Kering

Masalah krisis air di tempat kering seperti kebanyakan kawasan di Indonesia timur sudah bukan menjadi hal baru lagi. Untuk itu, membangun saluran air bersih yang tepat sangat dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan jenis dan bagaimana membangun saluran yang tepat dan efektif dengan produk yang tepat tentunya.

Tak sulit mencari pipa untuk saluran air saat ini, karena beragam brand menawarkan produk dengan ragam karakter dan harga yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Namun apakah pemilihan pipa yang asal dapat mendukung saluran air efektif sesuai dengan kebutuhan ?

Tak semua produk pipa memiliki karakter yang sama. Bahkan jika Anda mengeluarkan biaya lebih besar tak menjamin saluran air Anda efektif. Kelebihan spesidikasi bahkan membuat Anda tekor alias over budget.

Terlepas dari permasalahan tersebut, beberapa hal perlu diperhatikan dalam membangun saluran air (terutama air bersih) dengan karakter tempat khusus. Misalnya di kawasan terik, seperti di Indonesia timur, atau beberapa kawasan lain di Indonesia pada saat musim panas.

Selama ini jenis pipa plastik sering menjadi alternatif, karena beberapa kelebihan. Seperti harga yang lebih ekonomis, ringan, mudah dipasang, fleksibel dan tersedia dalam beragam varian. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Baca Juga

Harga Pipa HDPE
Pipa HDPE Adalah
Harga Aksesoris PIpa HDPE

Masalahnya tak berhenti pada saat Anda memilih produk pipa plastik. Karena sinar Ultra Violet dan faktor kontur tanah juga sangat berpengaruh pada saat Anda melakukan instalasi saluran air bersih bertekanan.

Diantara beragam jenis pipa plastik, seperti pipa PVC dan Pipa PPR, jenis Pipa HDPE (High-density polyethylene) sangat direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan di kawasan kering. Jenis pipa ini dapat digunakan sebagai pengganti pipa besi dengan karakter kuat, namun dengan tingkat kelenturan sagat baik, dan yang pasti Anti Korosi.

Kelebihan pipa HDPE lain adalah produk yang tersedia dalam bentuk roll, dengan panjang lebih dari 50 tahun. Sehinga jenis pipa ini dapat digunakan untuk mengalirkan air dari sumber ke wilayah yang mengalami krisis air.

Varian penyambungan jenis pipa HDPE juga relatif fleksibel. Karena selain disambung dengan cara Butt Fusion menggunakan Welding Machine HDPE Pipe, jenis pipa ini juga dapat disambung secara mechanical joint, menggunakan Comppresion adaptor.

Cara ini lebih mudah karena dilakukan tanpa menggunakan alat atau mekanisme zat perekat lain. Dalam hal instalasi, mobilisasi produk sangat mudah dilakukan karena bobot produk yang relatif lebih ringan.

Satu hal yang perlu di ingat adalah, meski tahan terhadap sinar UV, untuk instalasi lebih efektif pipa sebaiknya ditanam dengan kedalaman dan komposisi tanah yang benar. Cara ini memperkecil risiko pipa bocor karena benturan benda tajam dan sebagainya.

Membangun Saluran Air Bersih di Tempat Kering
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!