Ilustrasi Kelebihan Pipa PVC-O Untuk Saluran Air Bersih

Tak hanya pipa HDPE, Kelebihan Pipa PVC-O juga kerap dimanfaatkan untuk membangun saluran air bersih bertekanan, dan berstandard Food Grade.

Selama beberapa tahun terakhir, Produk Pipa HDPE mendominasi produk terbaik untuk saluran air bersih bertekanan. Dengan karakter tingkat kekuatan dan kelenturan tinggi, namun dengan tingkat keretakan rendah, produk ini terbukti dapat digunakan hingga usia (penggunaan) mencapai 50 tahun.

Namun, seiring perkembangan kebutuhan produk pipa tangguh dengan karakter efisien dan efektif, muncul produk pesain yang dikembangkan dari bahan PVC. Produk ini didesain dengan pengembangan bahan uPVC dengan metode orientasi bi-axial.

Produk ini juga diproduksi  secara radial dan longitudinal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan dan kelebihan pipa PVC-O secara keseluruhan. Sehingga membuat bahan memiliki diesain stres (28 Mpa) beberapa kali lipat dari Pipa PVC konvensional.


Baca Juga


Sekilas tentang Kelebihan Pipa PVC-O dan Kesamaan dengan Pipa HDPE

Secara umum, Kelebihan Pipa PVC-O sangat bertolak belakang dengan produk pipa PVC yang kita kenal selama ini. Dengan tingkat kekuatan dan kelenturan tinggi, namun tingkat keretakan rendah, membuat pipa tak mudah rusak. Dan bahkan jika terlindas dengan kendaraan berat. Meski merubah bentuk sementara, namun tidak terjadi kerusakan (Kebocoran) pada pipa.

Produksi pipa PVC-O juga tak menggunakan material Cadmium dan Mercury. Sehingga produk ini sepenuhnya aman untuk saluran pipa air bersih berstandard food grade. Ditambah lagi, produk Pipa ini memiliki sistem penyambungan rubbering joint, yang sepenuhnya aman saat digunakan untuk saluran air bersih.

Kesamaan karakter dengan pipa HDPE membuat produk pipa berbahan PVC-O direkomendasikan untuk beragam kebutuhan yang juga sama. Seperti untuk kebutuhan saluran air bersih ber standard food grade, Saluran irigasi dan sebagainya.

Sistem ini memberi kelebihan pipa PVC-O sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan yang tak bisa dipenuhi dengan pipa HDPE. Seperti untuk saluran limbah hingga saluran pembuangan. Ini dikarenakan, adanya sisa sambungan pada pipa HDPE membuat bagian ini rawan terjadi penyumbatan karena penumpukan kotoran (limbah). Hal yang tidak terjadi pada saluran Pipa PVC-O.

Selain itu, berbeda dengan Pipa HDPE, prosedur pemasangan dengan mekanisme RRJ membuat Pipa PVC-O direkomendasikan bahkan di daerah sulit. Karena proses penyambungan ini dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin penyambung, seperti pada pipa HDPE.


Pipa PVC-O Lebih Tipis

Dibanding produk jenis lain, Kelebihan Pipa PVC-O memiliki tingkat ketebalan lebih kecil. Perbandingan diatas dilakukan dengan standard jenis tekanan yang sama. Meski demikian, kualitas kekuatan Pipa PVC-O tak bisa dipandang sebelah mata.

Karena produk Pipa PVC generasi terbaru ini didesain memiliki tingkat kekuatan, dan kelenturan sangat baik. Bahkan jika dibandingkan dengan Pipa HDPE, efektivitas kekuatan Pipa PVC-O hanya berbeda sangat tipis.

Kelebihan pipa PVC-O ini, tentu saja dalam segi harga, Pipa PVC-O memiliki label dibawah harga pipa HDPE yang selama ini dikenal tangguh dan bisa digunakan sebagai produk pengganti pipa besi yang sebelumnya untuk saluran air bersih.

Karena dinding pipa yang tipis, efektivitas saluran Pipa PVC-O lebih baik dibanding produk lain. Terlebih dengan kekuatan terhadap tekanan yang sama, produk ini mampu memuat saluran lebih banyak dibanding Pipa uPVC atau Pipa HDPE.

Di Indonesia, produk Pipa PVC-O awalnya diperkenalkan oleh Wavin, dengan brand Apollo. Pada akhirnya produk ini kian dikembangkan oleh Rucika, melalui produknya Rucika Exoplas. Produk ini telah disesuaikan dengan standard Nasional Indonesia. Dengan panjang perbatang 6 meter, menggunakan sistem penyambungan rubbering joint.

Kelebihan Pipa PVC-O Untuk Saluran Air Bersih
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.