Ilustrasi Standar Pipa Air PDAM, Tips Mencari Produk yang Tepat

Terdapat beberapa kriteria yang digunakan sebagai Standar Pipa Air PDAM, berikut jenis perpipaan thermoplastik yang biasa digunakan.

Tak hanya di Indonesia, kebutuhan saluran air bersih di dunia pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama. Yakni produk pipa dapat digunakan dalam jangka waktu lama, dan aman dalam menyalurkan saluran fluida (air) bebas kontaminasi.

Beragam medan dan kuntur tanah yang dilalui, juga menjadi indikasi pemilihan produk perpipaan yang tepat. Untuk itu, juga dibutuhkan produk dengan kualitas dan kekuatan sangat baik, sehingga tugas yang diemban dapat dilakukan tanpa ganggunan.

Sebelum menggunakan produk perpipaan thermoplastik, pilihan standard Pipa Air PDAM pada jenis pipa besi. Produk ini dianggap sangat merepresentasikan saluran yang kokoh dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Sayangnya masalah karat membuat produk tak bisa bertahan lama, tak hanya itu, kendala ini juga membuat saluran air mudah tercemar, terutama oleh reaksi kimia logam, berupa karat. Sehingga pengggunaan produk ini dianggap kurang efektif.

Hingga pada akhirnya penggunaan produk pipa thermoplastik mulai dikenal dan digunakan untuk menggantikan produk pipa besi. Hingga sekarang, material plastik menjadi pilihan utama bahan baku Standar Pipa Air PDAM.

Nah berikut beberapa kriteria Standar Pipa Air PDAM yang bisa kita dapat dari produk perpipaan yang tepat untuk saluran air bersih bertekanan :


Standard Food Grade. Seperti halnya kebutuhan saluran air bersih pada umumnya, standard aman bagi Kesehatan adalah mutlak harus terpenuhi. Dalam hal ini, jangan menggunakan produk pipa yang dapat mencemari saluran.

Produk pipa PVC kovensional tidak disarankan untuk kebutuhan ini, karena material yang mudah lepas, rusak dan menjadi biang pencemaran. Sementara peningkatan kualitas spesifikasi bisa didapat dari material uPVC yang lebih kuat, lentur dan tingkat keretakan rendah.

Bahan alternatif lain adalah material HDPE yang telah teruji kuat, dan tak mudah rusak dalam kurun waktu sangat lama. Sehingga selain aman, material ini jika digunakan sebagai pipa air dapat berusia pakai lebih dari 50 tahun.

Rekomendasi Produk Pipa Thermoplastik


Kuat, aman dan Tahan Lama. Kebutuhan air setiap hari, membuat intensitas lalulitas saluran akan sangat tinggi. Hal ini standar pipa air PDAM membutuhkan produk yang Tangguh, kuat dengan tingkat kerusakan rendah.

Banyak faktor yang dapat membuat pipa mudah rusak, misal karat pada produk pipa besi. Penggunaan produk pipa thermoplastik sudah pasti membuat masalah karat tidak lagi jadi kendala, selain itu, dalam hal kekuatan dan kelenturan kebutuhan ini sangat mungkin bisa di dapat.


Sesuai dengan Standard Nasional Indonesia. Standard Nasional Indonesia atau SNI, telah banyak digunakan beragam produk yang dijual di Indonesia. Salah satunya pipa, tak hanya ukuran, bahan material yang digunakan juga termasuk dalam kriteria khusus sebelum mendapat pelabelan ini.

Untuk itu, produk pipa yang telah menggunakan label SNI pada dasarnya bisa digunakan sebagai produk standard pipa air PDAM. Ukuran SNI juga membantu Anda mencari produk aksesoris yang dibutuhkan, meski dengan brand berbeda, asal sama-sama dengan label SNI, pasti bisa dipasang.

Standar Pipa Air PDAM, Tips Mencari Produk yang Tepat
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.