Ilustrasi Gejala Pipa air Bocor

Gejala Pipa air Bocor biasanya mudah terdeteksi jika terjadi di keran atau bagian luar jalur air yang terlihat (menetes). Namun tak jarang kejadian ini terjadi meski tanda-tanda kebocoran tidak terlihat, sebelum masalah menjadi serius, yuk kenali beberapa gejala kerusakan saluran air.

Rusaknya keran air kerap menjadi permasalahan yang muncul pada gejala pipa air bocor. Kemunculan ini mudah diidentifikasi, dan solusi paling mudah adalah dengan mengganti bagian ini sehingga masalah teratasi.

banyak cara identifikasi kebocoroan, salah satunya mencari tutorial video Youtube. Berikut berikut beberapa kejadian pipa air bocor yang kerap muncul meski tanpa terlihat tetesan air di bagian keran dan sebagainya :

Baca : Mengenal Pipa HDPE


Tagihan Air Tiba Naik Banyak

Pada umumnya kenaikan dan penurunan tagihan air secara wajar kerap terjadi, namun jika hal ini terjadi secara drastis, bisa jadi karena gejala pipa air bocor. Jangan remehkan masalah air terbuang walau hanya setetes. Secara intens dan sering terjadi setiap hari akan berdampak pada terbuangnya air dalam jumlah yang tidak sedikit.

Terlebih jika penggunaan air di rumah tidak terjadi perubahan (tetap) dalam volume yang sama. Bisa jadi terjadi kebocoran di saluran air (Sangat mungkin pada bagian yang tidak terlihat). Rembesan pada tembok dan genangan air yang entah dari mana, bisa jadi cara mudah identifikasi titik kebocoran.

Baca : Mengenal Pipa PVC


Gejala Pipa air Bocor – Tangki Air Cepat Habis

Tangki air sejatinya digunakan untuk menampung air, sehingga air dapat digunakan kapanpun, tanpa harus menyalakan pompa air atau pada saat PDAM lagi mampet. Sayangnya, tujuan ini kadang tidak sesuai ekspektasi, karena debit air mudah berkurang, sehingga tangki menjadi kosong.

Habisnya air kerap terjadi karena digunakan sesuai dengan intensitas kegiatan sanitasi dan sebagainya. Namun adakalanya debit air mudah berkurang dan habis meski tak digunakan. Biasanya ini merupakan gejala pipa air bocor.


Gejala Pipa air Bocor – Muncul Titik Rembesan Air

Seperti dijelaskan sebelumnya munculnya Saluran pipa air bocor selalu diikuti oleh munculnya rembesat titik air. Bercak pada tembok biasanya kerap terjadi dalam hal ini, hal ini mempermudah proses indentifikasi saluran air bocor.

Tak hanya bercak pada tembok, munculnya genangan air di tempat tak biasa juga kerap muncul pada saat masalah ini muncul. Kenangan akan semakin banyak pada saat air tidak mengalir, mengatasi kebocoran adalah cara tepat mengatasi masalah ini.

Baca : Mengenal pipa ppr


Pompa Air Nyala – Mati

Bagi Anda yang memiliki pompa air (Terutama tipe otomatis) kondisi nyala – mati kerap terjadi pada saat keran dinyalakan atau dimatikan. Namun adakalanya hal ini terjadi tidak sesuai harapan dan pompa air menyala dan mati dengan sendiri.

Kondisi ini biasanya terjadi karena pipa air bocor, terlepas dari masalah kerusakan pompa air. Seperti keran, bagian pipa yang bocor membuat aliran air mengalir (meski dengan debit tak terlalu besar). Hal ini membuat pompa air nyala  dan mati, meski bagian kran tertutup.

Gejala Pipa Air Bocor, Yuk Kenali Tanda-tandanya

51 thoughts on “Gejala Pipa Air Bocor, Yuk Kenali Tanda-tandanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *