Ilustrasi Tips Instalasi Pipa PPR Part. 1

Tips instalasi pipa PPR untuk saluran air panas dan dingin bertekanan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses penyambungan berjalan sempurna.

Produk perpipaan dari material PPR tidak disambung secara konvensional menggunakan material Solvent Cement. Melainkan menggunakan metode welded dengan suhu tinggi. Nah untuk mendapat hasil sempurna, berikut Tips Instalasi Pipa PPR :

Tips Penyambungan Pipa PPR Part. 2


Sortir produk pipa dan aksesoris

Penggunaan dalam intensitas tinggi saluran air panas dan dingin bertekanan, membuat celah terkecil bisa menjadi permasalahan di kemudian hari. Salah satunya penggunaan produk pipa dan aksesoris rusak atau tidak layak untuk digunakan.

Oleh karena itu, tips instalasi pipa PPR kali ini adalah pastikan aksesoris dan piping yang akan digunakan memiliki karakter terbaik (baru). Atau setidaknya jika disimpan, pastikan tidak ada bagian yang yang berkurang dan bermasalah saat hendak disambung.

Penggunaan untuk kebutuhan makanan cair dan keperluan saluran higienis juga memerlukan perhatian lebih. Terutama dalam hal higiennitas produk pipa dan aksesoris PPR yang terjaga hingga saat disambung.

Baca Juga :


Suhu ideal lingkungan pada proses penyambungan

Karena disambung secara welded dengan panas tinggi, karakter suhu lingkungan kerap berpengaruh pada keberhasilan proses penyambungan. Beberapa daerah dengan suhu rendah seperti Eropa, kerap menjadi pengaruh kegagalan proses penyambungan.

Untuk melakukan proses dengan baik dan benar, ada baiknya jika proses dilakukan pada lingkungan ruangan dengan suhu diatas 5 derajat celcius. Cara ini memaksimalkan proses penyambungan dan pendinginan, sehingga terjadi persenyawaan sempurna pada bagian sambungan.

 Suhu terlalu rendah pada lingkungan sekitar bisa berdampak kurang baik, terutama pada proses welded atau pelelehan pipa dan aksesoris yang hendak disambung. Ketidak mampuan mencapai suhu yang dibutuhkan membuat proses penyambungan kurang berjalan lancar dan sempurna.


Hindarkan dari benturan

Proses penyambungan pipa kerap dilakukan dengan proses pengerjaan pembangunan yang lain. Hal ini kerap mengakibatkan munculnya risiko kecelakaan, misalnya pipa mudah terbentur peralatan di sekitar dan sebagainya.

Kondisi ini kadang tidak berdampak signifikan, karena pada dasarnya pipa jenis ini memiliki karakter kuat, lentur dengan tingkat keretakan sangat rendah. Namun jika kurang diantisipasi, hal ini bisa berakibat pada munculnya berdampak buruk. Tips Instalasi Pipa PPR selanjutnya adalah menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membentur jalur perpipaan.

Misalnya kerusakan pada bagian sambungan pada saat proses jointing belum berjalan hingga akhir. Selain itu, peralatan berat dengan ujung tajam kerap merusak struktur bagian utama pipa, sehingga berdampak pada kerusakan permanen saluran air panas dan dingin bertekanan.


Gunakan prosedur dan peralatan yang direkomendasikan

Untuk menjamin proses dilakukan dengan baik dan benar ada baiknya jika Anda melakukan setiap Langkah sesuai dengan rekomendasi. Selain itu gunakan beberapa alat yang khusus digunakan untuk proses penyambungan pipa PPR.

Melewati beberapa Langkah dalam proses penyambungan kerap berdampak kurang baik, terutama kesempurnaan proses penyambungan. Begitu juga penggunaan alat yang tidak seusai dengan standard justru bersiko merusak bagian pipa dan aksesoris yang hendak disambung.

Melakukan proses penyambungan saluran air panas dan dingin bertekanan bukan perkara sulit, karena hal ini bisa kita pelajari dengan mudah dengan melihat tutorial video berikut tips instalasi pipa ppr yang ada di Youtube dan sebagainya. Kesalahan utama dalam aktivitas ini adalah penggunaan cara dan alat yang tidak direkomendasikan.

Tips Instalasi Pipa PPR Part. 1
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published.