Pengolahan air di Jepang dilakukan dengan banyak kelebihan, hal ini membuat Negara ini menjadi pengekspor sumber air bersih.

Disaat banyak negara mengalami krisis air, Jepang justru kerap memiliki banyak sekali cadangan air bersih yang dapat digunakan, bahkan langsung dikonsumsi. Kelebihan ini yang pada akhirnya membantu tak kuran 80 negara di dunia yang kerap mengalami krisis air bersih.

Banyak hal yang membuat Jepang sangat mudah memiliki limpahan cadangan air bersih yang dapat digunakan bahkan siap konsumsi. Salah satunya letak geografis pegunungan yang membuat sumber cadangan air berlimpah di negara ini.

Tak hanya itu, budaya menjaga kebersihan yang tinggi membuat faktor pencemaran sangat kecil, bahkan dibanding negara manapun di dunia. Hal ini berdampak kualitas air alam mereka bebas pencemaran, terlihat pada saat terjadi banjir, air yang meluber umumnya terlihat sangat jernih.

Kedua keuntungan tersebut harusnya cukup membuat Jepang memiliki sumber air bersih alam yang berkualitas. Namun proses pengolahan air yang baik, membuat negara ini tak pernah mengalami krisis air bersih, bahkan di musim kemarau.


Baca Juga :


Di Jepang, banyak sekali pegunungan dangan jalur sungai yang bermuara di laut. Sumber daya ini bagi warga Jepang dimanfaatkan secara efektif untuk berbagai kebutuhan, salah satunya sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Melalui bendungan, fasilitas PLTA dibangun dan memberi pasokan sumber daya listrik. Tak hanya itu, fasilitas ini juga dimanfaatkan untuk Pengolahan Air di Jepang.  Cara ini dilakukan dengan tujuan mengubah sumber daya air dari alam, memiliki kualitas sangat baik.

Proses filterisasi dilakukan dengan tujuan menghilangkan bau dan pathogen yang kemungkinan ada di dalam air. Sehingga kualitas air bisa dioptimalkan dan dapat digunakan untuk aktivitas setiap hari, seperti sanitasi bahkan untuk dikonsumsi.

Terdapat beberapa proses filterisasi yang kerap dilakukan dalam akktivitas penjernihan air di Jepang. Diantaranya proses dioksidasi dengan media ozonisasi dan karbon bioaktif. Ketiga cara ini mampu meningkatkan kualitas air menjadi sesuai dengan standard Food Grade.


Tak hanya fasilitas berskala besar, Pengolahan Air di Jepang juga dilakukan oleh beberapa komunitas setempat. Proses ini dilakukan dengan fasilitas khusus, salah satunya dengan tangki air sebesar 10 meter.

Tak hanya di Jepang, kelebihan air bersih, menjadikan negara ini sebagai donatur dan pengekspor kebutuhan air bersih di berbagai negara. Tak kurang 80 negara dengan permasalahan akses sumber air bersih kerap di support berkat  kelebihan ini.

Intip Efektifnya Pengolahan Air di Jepang
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published.