Ilustrasi 6 Hal Pipa HDPE Lebih Baik Dibanding Pipa Lain

Dalam kebutuhan instalasi saluran air bersih, sudah bukan rahasia, pipa HDPE lebih baik ketimbang menggunakan produk pipa lain. Selain telah sesuai standard Food grade, instalasi produk pipa ini juga akan memberi Anda banyak manfaat.

BACA : Mengenal Produk pipa HDPE

Seperti telah banyak dibahas, pipa HDPE adalah produk perpipaan dari material High Density Polyethylene (HDPE). Merupakan sejenis pipa (thermos) plastik yang populer digunakan dalam industri pipa saat ini, terutama untuk saluran air bersih.

Pipa HDPE terbuat dari bahan polymer plastik yang berkualitas tinggi dengan kelebihan dapat digunakan untuk saluran air bertekanan dan anti-korosi. Sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk saluran air bersih.

Berikut kita akan membahas, 6 hal yang mungkin bisa Anda dapatkan dengan memilih produk pipa HDPE, dibanding produk pipa lain :

Bahan Thermoplastik, bebas Korosi

Masalah korosi bukan jadi hal baru di industri perpipaan. Bahkan pipa besi yang dianggap memiliki durabilitas sangat baik, digunakan saluran air dapat mengalami korosi. Pipa thermoplastic konvensional dari PVC pun mengalami hal sama, yakni kerusakan akibat usia pakai, lingkungan dan paparan fluida (saluran air).

Produk pipa HDPE terbuat dari material thermoplastic terbaik, dengan kemampuan anti terhadap korosi. Bahkan selain air, bahan kimia pun tak dapat mempengaruhi durabilitas produk, yang juga tahan terhadap paparan sinar matahari ini.

Instalasi Mudah dan Bobot yang Ringan

Instalasi produk pipa HDPE dapat dilakukan dengan beberapa cara, selain mechanical joint, pipa jenis ini juga dapat disambung secara welded, dengan mesin penyambung pipa HDPE. Varian produk batang dan roll membuat instalasi mudah, dan dapat disesuaikan dengan mobilitas saat dikirim.

Selain memiliki varian penyambungan bervariasi, produk pipa HDPE juga memiliki bobot lebih ringan, dibanding produk pipa lain. Cara ini dihitung dengan kesamaan diameter, dan dimensi produk produk pipa lain, seperti besi yang juga sering digunakan untuk saluran air bersih.

Baca : Harga Pipa HDPE

Tahan terhadap tekanan tinggi

Pipa HDPE tahan terhadap tekanan tinggi, sehingga dapat digunakan untuk aplikasi yang memerlukan aliran fluida yang cepat dan kuat. Pipa HDPE juga dapat menahan beban berat dan tekanan tanah yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi di bawah tanah.

Tidak korosif terhadap logam

Instalasi produk pipa HDPE kadang sering bersentuhan langsung dengan material lain, seperti logam. Bahan ini mudah mengalami kerusakkan, dan pada akhirnya mengalami korosi yang dapat berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar.

Produk pipa dari material HDPE memiliki kemampuan cukup baik terhadap pengaruh korosi ini. Sehingga usia pakai saluran air pipa HDPE tidak akan berpengaruh, baik dalam hal usia pakai, hingga permasalahan pencemaran aliran air yang disalurkan.

Ramah lingkungan

Alasan kenapa produk pipa HDPE sangat baik untuk lingkungan sehat selain dapat digunakan mengalirkan air bersih adalah, material yang ramah lingkungan. Seperti produk lain dari material HDPE, limbah produk pipa dari bahan ini bisa diolah kembali untuk dijadikan produk yang lain.

Sampah yang tidak terbuang begitu saja akan membuat lingkungan tetap sehat, tanpa polusi plastik yang tidak mudah terurai dalam kurun waktu lama. Sangat ideal untuk kebutuhan masyarakat modern seperti sekarang.

Tidak mudah bocor

Pipa HDPE memiliki proses produksi dan penggunaan material bahan baku yang sangat baik. Sehingga didapat produk dengan tingkat kepadatan cukup, membuat pipa tak mudah rusak, bocor dan lentur pada saat digunakan.

Dengan model penyambungan welded, saluran pipa HDPE dikenal tidak mudah bocor, dan memiliki usia pakai hingga lebih dari 50 tahun. Sangat ideal untuk saluran air bersih bertekanan multi skala : baik rumah tangga, komersial, pertambangan dan sebagainya.

6 Hal Pipa HDPE Lebih Baik Dibanding Pipa Lain
Tagged on:             

294 thoughts on “6 Hal Pipa HDPE Lebih Baik Dibanding Pipa Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *