Tak selalu berjalan sesuai harapan, terlebih saat dipakai dalam jangka waktu tertentu, Gejala Kerusakan pada Pipa sering terjadi dengan ditandai beberapa hal. Kenali gejala tersebut untuk proses perawatan atau instalasi ulang, jika kerusakkan sudah semakin parah.

Kerusakkan pada produk perpipaan biasa terjadi karena satu dan beberapa hal. Diantaranya usia pakai produk pipa, mekanisme penyambungan, Instalasi terlau banyak belokan dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi dalam waktu singkat, namun tak jarang bertahap seiring berjalannya waktu.

Mengenali tanda-tanda kerusakkan pada pipa pada dasarnya akan memberi Anda banyak kesempatan. Setidaknya kerusakkan yang tertangani sejak awal, akan membuat tingkat kerusakkan total bisa diantisipasi. Nah untuk menghindari hal tersebut, kenali beberapa Gejala Kerusakan Pada Pipa pada tahap Awal.

Baca Juga : Pipa HDPE Spesialis Air Bersih

Penurunan Tekanan Air. Terutama pada saluran air bersih, kondisi ini biasa seiring berjalannya waktu. Tiba-tiba tekanan air mengalami penurunan, dan hal tersebut bisa terlihat dari debit air yang keluar pada titik kerap : Berbeda dengan awal instalasi atau biasanya.

Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya masalah penurunan kualitas atau pompa air mengalami masalah. Namun jika suara dan daya dorong pompa tetap baik, biasanya terjadi kebocoran pada saluran pipa air. Air yang keluar dari titik yang tidak diharapkan, akan menurunkan tekanan seiring tingkat kebocoran yang terjadi.

Mencari titik bocor pada saluran adalah cara ideal dalam hal ini. Setelah ketemu, tambal dan perbaiki, sehingga saluran air bekerja sebagaimana mestinya. Hal tersebut akan membantu Anda mengatasi permasalahan yang terjadi di atas.

Baja Juga : Gejala Pipa Air Bocor, Yuk Kenali Tanda-tandanya

Bunyi Ketukan pada dinding. Salah satu penyebab rusaknya saluran pipa air bersih adalah, posisi pipa yang bergeser. Bekerja dengan tekanan, kejadian ini akan berdampak kurang baik, yang pada akhirnya merusak saluran, terutama pada bagian sambungan.

Gejala rusaknya rute saluran air bisa terjadi karena klem, atau pengikat pipa pada tembok bangunan terlepas. Kejadian ini yang pada akhirnya memunculkan bunyi ketukan, terutama pada saat keran air dibuka, tekanan secara tiba-tiba akan membuat pipa bergerak secara otomatis.

Menandai letak bunyi, dan memperbaiki jalur perpipaan adalah solusi ideal dalam hal ini. Bagaimana pun, mengembalikan saluran tetap bekerja sebagaimana mestinya, akan memperkecil risiko terjadinya kerusakkan saluran air, baik dalam lingkup kecil, hingga terjadi kerusakkan secara permanen.

Perubahan Warna Air. Biasanya sering terjadi pada saluran air bersih bersuhu tinggi. Dimana kondisi tertentu pada pemanas, pada akhirnya mencemari aliran air, yang pada akhirnya berdampak pada pencemaran, dan warna air berubah menjadi cokelat.

Kondisi ini biasa terjadi karena pengendapan material pada water heater, atau pemanas air. Bisa karena kerusakkan atau kotoran kerak yang menumpuk dalam jangka waktu tertentu. Reaksi kimiawi, membuat proses korosi akhirnya muncul dan terjadi permasalahan ini.

Menjaga kebersihan pemanas air, atau jika terjadi kerusakkan, segera diperbaiki adalah solusi permasalahan ini. Terlebih, jika di atasi dengan segera gejala kerusakan pada pipa ini dapat meminimalisir risiko terjadinya kerusakkan lebih fatal yang mengharuskan Anda instalasi ulang saluran air bersih panas Anda.

Baca Juga : Pipa PPR Spesialis Air Panas

Saluran Sering Tersumbat. Gejala ini paling sering terjadi pada saluran pembuangan. Penumpukkan kotoran pada akhirnya membuat dinding dalam pipa bereaksi secara kimiawi. Air yang berjalan kurang lancar dan kencang, pada akhrinya mengakibatkan penumpukkan, yang kemudian menyumbat saluran.

Meski terkadan bisa Kembali lancar, tanpa penanganan yang baik, kejadian ini bisa Kembali berulang tanpa antisipasi yang tepat. Sehingga membersihkan saluran secara rutin, akan membuat saluran Kembali bekerja, dan meminimalisir kejadian yang tidak di harapkan.

Gejalan Kerusakan Pada Pipa pada dasarnya wajar terjadi, bahkan dengan instalasi dan sistem penyambungan yang dilakukan sesuai prosedur. Oleh karena itu, terjadinya gangguan, tak hanya akan membuat suplai atau sistem buangan air menjadi terhambat, tapi juga mengancam usia pakai produk pipa secara keseluruhan.

Gejala Kerusakan Pada Pipa, Kenali Tanda-tandanya
Tagged on:             

1,179 thoughts on “Gejala Kerusakan Pada Pipa, Kenali Tanda-tandanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *