Ilustrasi Apakah Pipa PVC Masih Ideal Untuk Saat Ini - Maret 2023

Jawaban apakah produk pipa PVC masih ideal digunakan pada saat ini, jawabnya ada dua : Pertama sangat ideal karena satu dan beberapa hal. Yang kedua, lebih baik jangan digunakan Kembali jika Anda memilih produk yang tidak tepat. Pada Artikel ini, kita akan membahas dua alasan tersebut.

Baca : Mengenal Produk Pipa PVC

Alasan Pertama : Pipa PVC Mash Bisa Digunakan

Alasan pertama ini mengacu pada banyaknya produk pipa PVC modern yang sudah menggunakan material bahan baku unplastized Polyvinil. Merupakan pengembangan dari material PVC konvensional dengan kelebihan 5 kali lebih baik : dalam hal durabilitas, kelenturan dan tingkat Keretakkan lebih rendah.

Penggunaan produk UPVC menjadi popular, karena masih menggunakan kelebihan material bahan PVC yang diproduksi dengan biaya lebih kecil dibanding material yang lain. Sehingga sering digunakan untuk beragam produk industri konstruksi, rumah tangga, hingga perpipaan.

Revolusi penggunaan material UPVC membuat produk pipa memiliki tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik. Sehingga ideal untuk kebutuhan saluran air bersih yang bekerja dengan tekanan. Jenis saluran ini juga ideal dnegan pipa PVC modern yang juga memiliki tingkat keretakan rendah : Sehingga tidak berdampak pencemaran akibat timbal dan sejenisnya.

Baca Juga : Harga Pipa PVC

Penggunaan produk pipa PVC di era modern seperti sekarang merupakan solusi instalasi saluran air sederhana berbagai kebutuhan. Harganya yang bersahabat, pilihan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dukurang ratusan aksesoris, membuat proses pembangunan saluran air berjalan tanpa halangan cukup berarti.

Terlebih produk pipa PVC memiliki sistem penyambungan yang mudah dan sederhana. Dalam variannya, produk pipa PVC modern dapat disambung dengan dua Teknik : Metode solvent cement atau dengan lem PVC, dan metode RRJ yang lebih ramah lingkungan.

Proses penyambungan dilakukan secara mudah, tanpa bantuan mesin khusus, seperti produk pipa PPR atau Pipa HDPE yang menggunakan mesin pemanas. Selain itu, produk ini juga mudah di dapat, karena selain DISTRIBUTOR PIPA, produk juga bisa didapat di toko bangunan terdekat.

Alasan Kedua : Pipa PVC Tidak Worth It Digunakan

Tak semua produk pipa PVC yang ditawarkan saat ini sesuai dengan ekspektasi. Terlabih produk yang ditawarkan dengan harga jauh dibawah harga rata-rata. Meski memiliki fisik hampir sama, produk tersebut bisa jadi dibuat dengan bahan baku buruk, dan berdampak pada munculnya beragam permasalahan.

Material yang buruk tersebut adalah bahan PVC konvensional yang telah digunakan sejak 50 tahun yang lalu. Bahan thermoplastik ini hingga sekarang masih digunakan sebagai bahan baku produk pipa PVC Murah.

Bahan PVC Konvensional mudah mengalami penurunan kualitas karena permasalahan tekanan (Benturan) dan reaksi kimia terhadap sinar UV dan fluida yang dialirkan. Singkatnya, bahan ini mudah mengalami kerusakkan atau penurunan kualitas material.

Baca Juga : 5 Pertimbangan Memilih Pipa Plastik

Secara keseluruhan, kejadian ini membuat performa pipa menurun untuk saluran air. Terlebih untuk saluran air bersih yang bekerja dengan tekanan. Tak hanya bocor, penurunan ini kerap berdampak lebih buruk, yakni kerusakkan secara total saluran air.

Tak hanya itu, meski tak selalu terlihat rusak, pengeroposan bahan material pipa juga kerap berdampak pada munculnya risiko pencemaran. Bahan logam berat atau timbal yang tak sengaja terkonsumsi, dapat berdampak penurunan kualitas Kesehatan pada seseorang : Munculnya masalah kesuburan, pertumbuhan yang terhambat hingga kanker.

Oleh karena itu, mengingat dampaknya yang sangat signifikan pada usia pakai pipa dan dampak bagi Kesehatan, jenis produk pipa PVC ini sebaiknya dihindari. Solusinya, gunakan produk dengan material uPVC yang dikenal memiliki durabilitas sangat baik, dengan tingkat keretakkan rendah.

Apakah Pipa PVC Masih Ideal Untuk Saat Ini ?
Tagged on:         

1,070 thoughts on “Apakah Pipa PVC Masih Ideal Untuk Saat Ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *