Ilustrasi Membangun Saluran Air Limbah Ideal - Maret 2023

Seperti kebutuhan air bersih, membangun saluran air limbah ideal sangat dibutuhkan di tiap bangunan, fasilitas umum dan sebagainya. Karena tanpa penanganan yang baik, sistem pembuagan akan berisiko mengakibatkan pencemaran yang pada akhirnya merusak kualitas lingkungan dan hidup masyarakat sekitar.

BACA JUGA : MENGENAL PRODUK PIPA

Saluran limbah sering dibutuhkan untuk proses transportasi pembuangan fluida yang telah tercemar material polutan. Seperti limbah domestic rumah tangga, bahan kimia dari pembersih, hingga kotoran manusia dan sebagainya : Semua perlu tertangani dan diolah di satu tempat, sehingga menghasilkan air bebas pencemaran.

Berbeda dengan saluran air bersih, spesifikasi produk perpipaan saluran air limbah biasanya sangat sederhana. Tanpa dorongan khusus dari pompa, dan biasanya hanya bekerja dengan sistem dorong gaya gravitasi. Sehingga tidak dibutuhkan pipa dengan spesifikasi tinggi.

Meski demikian, yang perlu di catat adalah, mekanisme plumbing yang bekerja maksimal. Sehingga saluran tidak mudah rusak, bocor dan pada akhirnya sistem pembuangan tertutup tidak bisa dilakukan dengan cara yang baik dan benar (Mekanisme pembuangan limbah menjadi kurang efektif).

Oleh karena itu, sebelum memutuskan membangun saluran air limbah secara ideal, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Pilih Produk Pipa yang tepat : Sederhananya, saat ini ada beberapa jenis produk pipa yang ditawarkan khusus untuk saluran air limbah. Salah satu paling popular adalah tipe produk pipa SDR-41 dan sejenisnya, jenis produk ini didesain ideal untuk saluran air limbah multi skala : Mulai dari rumah tangga, kebutuhan komersial dan sebagainya.

Dalam proses budgeting dan mekanisme penyambungan produk pip PVC (dari bahan UPVC) adalah produk paling popular saat ini. Selain ditawarkan dengan harga paling ekonomis, pemanfaatanya untuk salurn air limbah sangat ideal dengan mekanisme penyambungan sederhana dan paling mudah.

BACA JUGA : MENGENAL PIPA SDR-41 DAN HARGA PRODUK

Kebutuhan saluran limbah setiap hari : Mengenali seberapa besar volume limbah yang diproduksi setiap hari, akan memberi Anda kemudahan dalam memilih jenis diameter pipa yang tepat. Dalam hal ini, semakin sedikit volume, maka dibutuhkan pipa dengan diameter kecil, dan begitu juga sebaliknya.

Perhitungan yang tepat akan membuat saluran air limbah terbuang dengan pas, dan efektif. Sedangkan terlalu kecil diameter maka risiko penyumbatan akan semakin besar. Begitu juga dengan pipa yang terlalu besar, akan membuat proses budgeting menjadi membengkak.

Produk dengan karakter ideal : Pada dasarnya, fluida dengan kontaminasi limbah yang dialirkan akan berjalan lancar, sesuai dengan karakteristik material produk pipa yang digunakan. Dalam hal ini, pipa dengan karakter dinding dalam kasar, akan berpotensi membuat saluran tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, dalam membangun saluran air limbah yang tepat, pilih produk dengan permukaan dinding pipa halus. Karakter ini sangat dibutuhkan untuk memastikan saluran air limbah bekerja sebagaimana mestinya, tanpahambatan dan risiko penyumbatan.

Mekanisme sistem keamanan : Bukan tanpa risiko, karena dilakukan dengan sistem pembuangan tertutup, saluran air limbah kerap menyimpan gas. Tanpa penanganan yang tepat, jika terbuang dan tersulut oleh api, maka risiko kebakaran atau meledak akan semakin besar.

Oleh karena itu, selain memilih produk yang tepat, instalasi saluran limbah sebaiknya dilakukan untuk mengantisipasi kejadian buruk terjadi. Salah satunya dengan memberi cerobong angin-angin atau ventilasi agar penumpukkkan gas tidak terjadi.

BACA JUGA : MEMILIH SEPTICTANK IDEAL CEGAH RISIKO LEDAKAN DI CLOSET

Mekanisme pembersihan secara teratur : Karena berkaitan dangan sistem pembuangan, risiko kotoran tertinggal di saluran pasti ada. Oleh karena itu, dibutuhkan proses perawatan secara berkala agar sistem pembuangan bekerja sebagai mana mestinya mesi sudah lama digunakan.

Dalam hal ini, proses pembersihan biasanya dilakukan dengan proses pendorongan saluran limbah dengan tekanan sedikit lebih kencang. Selain itu, memeriksa bagian sambungan dari kebocoran akan mencegah kejadian lebih buruk terjadi di kemudian hari.

Membangun Saluran Air Limbah Ideal
Tagged on:             

1,237 thoughts on “Membangun Saluran Air Limbah Ideal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *